Air Terjun Benang Kelambu : Harga tiket masuk, lokasi dan Fasilitas

author photo Sunday, February 02, 2020
Air Terjun Benang Kelambu di lombok : Harga tiket masuk, lokasi dan Fasilitas


Waktu Baca - Keindahan air terjun benang kelambu yang berada di lombok tengah ini merupakan salah satu tempat wisata di lombok yang paling banyak di kunjungi oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

Air terjun ini berasal dari gunung kaki rinjani yang mengalir sampai ke lombok tengah, untuk debit air terjun sendiri cukup deras dan jernih meskipun pada musim hujan.

Jika kamu berada di lombok tengah wajib datang ke tempat wisata alam ini, karena disaat kamu datang ke tempat air terjun ini terdapat 2 air terjun yang bisa kamu nikmati sekaligus antara lain air terjun Benang Stokel dan air terjun benang kelambu.

Mengapa air terjun ini bernama benang kelambu ?


Apakah nama tersebut berasal dari benang kelambu yang tertinggal oleh warga atau ada mitos tertentu ? ternyata jawabannya bukan itu,..

Nama tersebut ada kaitannya dengan air terjun yang tumpah di sela sela rimbunan semak semak yang terlihat seperti tirai atau benang kelambu, nah warga sekitar lalu menamai tempat ini dengan air terjun benang kelambu

Mitos air Terjun Benang Kelambu


Jika berbicara tentang wisata alam air terjun pasti ada saja tentang cerita mitos dan legenda yang menarik.

Mitos atau cerita legenda tentang air terjun benang kelambu yang berada di tempat wisata lombok tengah ini.

Masyarakat sekitar percaya pada jaman dulu air terjun ini digunakan oleh Dewi Anjani turun dari Gunung Rinjani untuk mandi dan membersihkan rambutnya, lalu masyrakat meyakini bahwa jika pengunjung mengalami rambut rontok atau ingin menghitamkan rambutnya air terjun benang kelambu merupakan salah satu solusinya.

Bukan hanya itu saja warga sekitar juga percaya, jika melakukan pertapa atau mandi di air terjun disini, warga sekitar mengatakan maka orang tersebut akan terlihat mudah setahun dari sebelumnya.

Lokasi dan kondisi jalan

Air Terjun Benang Kelambu di lombok : Harga tiket masuk, lokasi dan Fasilitas

Jika kamu berada di bandara international lombok air port dan ingin langsung menuju lokasi air terjun benang kelambu, jarak yang ditempuh kurang lebih 37 Km dan membutuhkan waktu tempuh 1 jam 15 menit jika menggunakan kendaraan mobil.

Namun jika kamu berada di pusat kabupaten lombok tengah, nusa tenggara barat untuk sampai lokasi air terjun benang kelambu akan menempuh jarak kurang lebih 23 Km dan membutuhkan waktu tempuh kurang lebih 25 menit jika menggunakan kendaraan mobil.

Kondisi dan Rute Jalan


Untuk kondisi jalan menuju lokasi air terjun benang kelambu ini tidak terlalu ekstrim, karena tempat menuju lokasi sudah tertata rapi ada ratusan anak tangga yang harus kita lalui, serta setiap perjalan kamu akan di sapa oleh beberapa hewan jenis monyet yang selalu menggoda para pengunjung.

Namun jika ingin lebih mudah dan tidak ingin capek, gunakan jasa pemandu atau jasa ojek saja yang sudah disediakan oleh pengelola dan warga sekitar untuk sampai titik lokasi air terjun.


Harga tiket masuk dan jasa


Para pengunjung yang ingin melihat keindahan air terjun benang kelambu ini akan akan dikenakan tarif harga tiket masuk Rp. 10.000-, per orang, karena menuju titik lokasi air terjun dari pintu masuk harus melewati hutan maka jika ingin menggunakan jasa pemandu atau seperti jasa ojek motor dikenakan tarif  harga Rp. 35.000-. per orang, harga sudah termasuk pulang pergi.

Fasilitas


Untuk masalah fasilitas umum tentu sangat penting bagi para wisatawan, lalu apa saja fasilitas yang ada di air terjun benang kelambu antara lain :


  • Toilet
  • Kamar Ganti
  • Warung / tempat jajan
  • Tempat parkir
  • Pemandu wisata
  • Gazebo


Keindahan dan objek wisata


Terdapat beberapa objek wisata yang terdapat di air terjun benang kelambu yang bisa kamu nikmati bersama pasangan, teman ataupun keluarga sekalipun.

  • Kolam untuk anak
Terdapat sebuah kubangan atau kolam untuk anak anak bermain air, kondisi yang jernih dan alami karena air ini langsung dari sumber gunung rinjani melewati air terjun banang kelambu.
  • Kolam untuk dewasa
Tidak jauh beda dengan kolam untuk anak anak, namun kedalaman air sedikit berbeda warga sekitar sengaja membendung aliran dari air terjun untuk membuat kolam yang digunakan untuk berenang.

  • Air terjun berlapis lapis
Warga sekitar dan para pengelola air terjun disini sangaja membuat bendungan untuk menampung debit air dari air terjun dan terbentuk beberapa air terjun berlapis.


Next article Next Post
Previous article Previous Post