author photo
Mengucapkan selamat natal halal atau haram - Viral tentang sebuah toko roti Tous Les Jours yang menolak menulis ucapan Selamat Natal di pesanan kue. Mungkin banyak yang menjadi persoalan tentang halal dan haram mengucapkan selamat natal kepada kaum nasrani, sampai akhir tahun 2019 pun masih banyak perdebatan ada yang mengharamkan sebagian umat islam dan ada juga yang tak mempersoalkan.

oko roti Tous Les Jours yang menolak menulis ucapan Selamat Natal di pesanan kue


Jadi menurut kamu halal atau haram mengucapkan Selamat Natal


Dilansir dari Kompas.com, Menteri agama Fachrul Razi mengatakan belum atau tidak pernah melarang umat islam untuk mengucapkan selamat natal kepada umat nasrani lantaran tidak merusak suatu akidah.

Soal masalah perdebatan tentang halal atau tidaknya mengucapkan natal akhirnya Majelis Ulama Indonesia (MUI) mengeluarkan pendapat.

Wakil ketua MUI Zainut Tauhid Sa'adi  mengatakan bahwa ada suatu perbedaan pandangan para ulama dalam menilai masalah yang sebagian ulama melarang dan sebagian ulama lagi memperbolehkan untuk mengucapkan selamat natal kepada kaum nasrani.



Zainut Tauhid Sa'adi pun kembali mengatakan MUI belum pernah mengeluarkan Fatwa tentang hukum mengucapkan selamat natal kepada kaum nasrani yang merayakannya, sehingga Zainut Tauhid Sa'adi mengembalikan masalah ini kepada umat islam untuk mengikuti pendapat ulama yang sesuai dengan keyakinannya.

Baca juga : Mantan Istri UAS curhat Untuk Para Wanita Jangan Mau dinikah Sirih

Menurut MUI sendiri menghormati pendapat ulama yang menyatakan bahwa mengucapkan selamat natal itu hukumnya Haram atau dilarang agama, itu hanya berdasarkan argumen bahwa mengucapkan selamat natal itu bagian dari keyakinan agamanya.

MUI pun menghormati sebagian ulama yang menyatakan bahwa mengucapkan selamat natal kepada umat nasrani diperbolehkan atau tidak juga dilarang oleh agama. Hal itu berdasarkan bukan dari keyakinan agama melainkan dari dasar hubungan kekerabatan, bertetangga dan antar umat manusia.

Karena itu MUI berpendapat kepada semua masyarakat menjadi orang yang arif atau bijaksana dalam menyikapi perbedaan tersebut.

Dan juga MUI menghimbau untuk kepada umat muslim pada umumnya untuk saling menjaga dan mengormati antar umat beragama serta menjaga kerukunan diantara sesama bangsa dan setanah air baik dalam persaudaraan secara umat islam dan antar umat manusia.

MUI sekali lagi menjelaskan bahwa tidak ada fatwa mengucapkan selamat natak tidak boleh.

Tetapi yang dilarang adalah mengikuti ritual agama lain, dan jangan menjadi perdebatan yang bisa menimbulkan perpecahan.

Baca juga : Ustad Somad : SEMUA HARAM ! Mobile Legends, Catur, PUBG Mobile, Tik Tok dan Firee Fire

Hal ini menjadi viral tentang sebuah toko roti Tous Les Jours yang menolak menulis ucapan Selamat Natal di pesanan kue, Hingga menjadi perbincangan publik yang bisa memicu perdebatan yang tidak ada habisnya.
Next article Next Post
Previous article Previous Post