Breaking News

banner

Friday, November 29, 2019

author photo

Siapa itu Ustaz Abdul Somad


Ustaz Abdul Somad adalah seorang pendakwah dan ulama Indonesia yang sering mengulas berbagai macam persoalan agama, khususnya kajian ilmu hadis dan Ilmu fikih.

Ustad abdul somad (UAS) dalam ceramahnya penuh dengan kontroversi, hampir semua permainan seperti Catur, domino, aplikasi game seperti Mobile Legends, Pubg Mobile, FIREE FIRE dan aplikasi populer seperti Tik Tok sekalipun menurutnya itu Haram.

Mengapa UAS mengharamkan Pubg Mobile, Firee Fire dan Mobile Legends

Ustad Somad : SEMUA HARAM ! Mobile Legends, Catur, PUBG Mobile, Tik Tok
Ustad abdul somad (UAS) dalam ceramahnya penuh dengan kontroversi, hampir semua permainan seperti Catur, domino, aplikasi game seperti Mobile Legends, Pubg Mobile, FIREE FIRE dan aplikasi populer seperti Tik Tok sekalipun menurutnya itu Haram.



Mungkin kita sendiri bingung apa yang membuat Game FPS seperti Pubg Mobile dan Firee Fire yang masih favorit di indonesia selalu dimainkan oleh anak anak dan orang dewasa ini bisa dibilang Haram oleh ustad Somad, Namun setelah ditelusuri ternyata begini,

Saat Uas mengisi ceramah ada sebuah pertanyaan dari jamaah masjid, seperti ini

" Apa hukumnya bermain game online? "

" Kamu kerja di Pemda, makan dari pagi semua ditanggung oleh Negara, PNS pun ditanggung oleh Negara, Keluarganya pun ditanggung negara, ada rumah dinas, mobil dinas, itulah enaknya jadi PNS oleh sebab itu maka semua yang kamu makan dan lakukan semua dipertanggung jawabkan oleh Allah, masuk Jam 8 pagi keluar jam 4 sore lalu sampai dikantor kamu malah main game online.. Kamu itu makan Haram, siapa yang curang semua akan dipertanggung jawabkan pada hari kiamat nanti oleh sebab itu hati hati " Kata ustad somad dalam ceramahnya..



Mengapa UAS mengharamkan Catur dan Domino serta Tik Tok


Ada sebagian orang bingung dengan ceramah UAS yang mengharamkan catur dan domino (dadu) apa sebenarnya alasan beliau..

Saat itu UAS sedang mengisi ceramah ada sebuah pertanyaan dari Jamaah, seperti ini

"Apakah hukumnya jika kita bermain catur dan domino untuk mengisi waktu luang?"


" Mazhab Hanafi mengharamkan dadu dan catur alasannya ada dua, pertama melalaikan sholat, saya sendiri belum setuju catur masuk dalam cabang olahraga tapi kalau lari, lempar lembing, renang, tapi jika merenung sambil 3 jam bermain catur duh kalau pesatuan catur marah dengan saya, terserahlah.. karena saya tidak setuju, menghabiskan waktu , banyak yang perlu kita pikirkan.. memikirkan bagaimana politik, bagaimana anak, ini malah memikirkan pion pion ini selamat, dadu dan catur sifatnya permainan yang menetapkan sesuatu yang belum ada hukumnya kepada sesuatu yang belum ada hukumnya dengan melihat titik persamaan diantara keduanya" kata ustad somad dalam video ceramahnya..




your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post