Breaking News

banner

Thursday, November 7, 2019

author photo
Waktu Baca - Asal mula mengapa kita sering menyebut kendaraan umum Bus menjadi Bis adalah dari masa penjajahan belanda atau dari budaya sekitar kita.

Perkataan Bis dan Bus merupakan berasal dari bahasa belanda, pengucapan kata "Bus" dalam bahasa belanda "Beus" seperti pengucapan "Beuh" pada orang sunda.

Lain hal dengan orang jawa yang menyebut kendaraan umum "Bus" menjadi "BES" atau "BIS" semua itu dari faktor asal nenek moyang dan budaya sekitar saja.

Contoh saja " Bes'e endi ora lewat lewat " atau " Nunggu Bis neng halte ae "

Menurut kamus besar bahas indonesia untuk pengucapan yang benar adalah "BUS" yang berarti kendaraan besar yang mengangkut banyak penumpang.

Tentang Bus, Mengapa Bus tidak ada Sabuk Pengaman


Tentang Bus, Mengapa Bus tidak ada Sabuk Pengaman
Mengapa Bus tidak ada Sabuk Pengaman (foto:www.google.com)


Pernahkah kalian mendengar tentang sabuk pengaman atau dalam bahasa inggris "Seat Belt" apa yang pertama kalian pikirkan? Tentu untuk keamanan berkendara seperti mobil.

Namun apakah ada, mobil yang tidak menggunakan sabun pengamanan ? tentu tidak ada kecuali angkutan Umum Seperti BUS dan Angkutan umum lainnya.

Baca juga : 
Menurut penelitian Fakta atau mitos air minum dalam mobil apakah berbahaya
Fakta Sejarah perusahaan teknologi Google, Iphone, Intel, Facebook, Amazon
[Fakta] Secara Logika dan Agama Mengapa Pesawat Tidak bisa Melewati Ka'bah

Pernahkah kalian memikirkan mengapa Bus tidak ada sabuk pengaman atau tidak ada sama sekali sabuk pengaman dalam Bus ?

Normalnya kendaraan yang membawa lebih banyak orang daripada mobil harus mempunyai sabuk pengaman, tapi mengapa Bus tidak memiliki sabuk pengaman bahkan Bus sekolah sekalipun.

Apakah bisa dikatakan Bus lebih aman dibanding Mobil ?

Berikut Penjelasan singkat mengapa Bus tidak menggunakan sabuk pengaman atau "Seat Belt " mari kita belajar bersama :


  • Mengapa Bus tidak menggunakan sabuk pengaman?

Alasannya pertama adalah dalam keadaan darurat penumpang harus turun dari BUS secepat mungkin, Jika atau dengan menggunakan sabuk pengaman pada BUS mereka akan membuang waktu berharga untuk melepasnya.

Alasan kedua adalah Bus atau Bis adalah kendaraan besar dan berat dijalan tidak ada kendaraan lain yang beratnya tidak lebih dari bis umum karena itu jika terjadi tabrakan atau kecelakaan Bis akan berhenti jauh lebih lambat daripada mobil dan meski penumpangnya akan mengalami benturan mereka tidak akan terlalu terluka, itu juga alasan mengapa penumpang di ijinkan untuk berdiri didalam bis.

Berikut Fakta tentang Bus yang jarang kalian tahu


Bus transportaasi umum (foto:www.google.com)


  • Kenapa ada jalur khusus untuk Bus?

Alasannya karena layaknya angkutan umum lainnya Bus mempunyai jadwal untuk dikejar dan karena kemacetan sering terjadi dikota kota besar, maka untuk mengurangi keterlambatan yang disebabkan lalu lintas padat maka jalur khusus bus itu dibuat, Jalur jalur khusus bus itu dibuat untuk keliling kota tanpa ada hambatan, sehingga kamu bisa naik bus tepat  waktu yang ditentukan di halte bus.


  • Kenapa Bus tidak berhenti dan membuka pintu saat ada yang terlambat

Alasan sederhananya adalah karena " Berbahaya " ketika sebuah bus menutup pintu dan berjalan beberapa meter dari halte lalu memberhentikan lagi akan membahayakan pengemudi lain dijalan selain itu jika sebuah bus membuka pintu untuk membiarkan penumpang masuk maka akan membahayakan penumpang. 

  • Kenapa ada tanda "Jangan berbicara dengan pengemudi? 

Alasannya karena pengemudi tidak ingin diganggu, Coba bayangkan jika si sopir bus sedang mengemudi lalu lintas padat dan harus berkonsentrasi penuh lalu ketika akan berbelok seseorang penumpang mengagetkan sopir bus, karena terkejut sopir bus lalu membuang arah berlawanan dan terjadilah kecelakaan itulah mengapa ada tanda tersebut untuk keselamatan penumpang.

  • Mengapa Pintu Bus membuka dan menutup ketika pengemudi tidak ada didalam?

Alasan pertama ada mekanisme tertentu mengapa bus bisa membuka dan menutup sendiri ada yang manual yang langsung dikendalikan oleh pengemudi, ada juga bus yang sudah modern yang bisa membuka dan menutup hanya dengan menyentuh pintu saja atau tombol otomatis.

  • Kenapa Bus dianggap lebih aman dibanding mobil?

Tanpa kita sadar Bus sama sekali tidak ada pengaman seperti kantong udara, sabuk pengaman, dan belum lagi kita sering melihat penumpang berdiri bagaiman bisa bus dianggap lebih aman daripada mobil? Bahaya akan kecepatan tinggi pada mobil umumnya dapat mengakibatkan kecelakaan yang beresiko pada penumpang dan pengemudi, namun bus karena berat dan jarang sekali kita lihat bus melaju dengan kecepatan tinggi maka resiko untuk kecelakaan itu lebih sedikit serta bentuk bus lebih panjang dari mobil pada umumnya jadi untuk tingkat resiko penumpang juga lebih kecil.

  • Kenapa bus berhenti dan membuka pintu sebelum Rel Kereta Api?

Alasannya adalah untuk memeriksa akan kereta yang akan datang, bagi sopir bis penting juga untuk membuka pintu untuk mendengarkan suara peluit atau roda kereta, mereka akan langsung berjalan ketika memastikan tidak ada kereta yang datang maka dari itulah sopir bus bertanggung jawab untuk keselamatan penumpang.

  • Mengapa tempat Depot Bus terletak didaerah kurang baik ?

Alasannya adalah " UANG " depot kendaraan umum membutuhkan tanah yang sangat luas dan tanah dikota kota besar " MAHAL " jadi untuk perusahaan transportasi pada umumnya untuk membuat depot yang luas maka membeli tanah yang murah itulah alasannya mengapa tempat depot bus terletak didaerah yang kurang baik.

  • Mengapa Bus berbentuk persegi atau kotak?

Pada dasarnya bus tidak perlu Aerodinamis, aerodinamica memungkinkan kendaraan bergerak lebih cepat dengan mengurangi tekanan udara yang berlawanan tapi bus tidak mementingkan kecepatan melainkan lebih mementingkan keamanan, Bus juga mempunyai batas kecepatan untuk mengangkut orang sebanyak mungkin.

Mungkin itu beberapa hal menarik yang belum kalian tahu tentang Bus yang sering kita jumpai di kota kota besar, Jika kalian ingin bertanya atau ada yang belum mengerti tentang bus kalian bisa tanyakan dikomentar dibawah ini..




your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post