Breaking News

banner

Tuesday, November 12, 2019

author photo
Kalian mungkin sering bertransaksi jual beli untuk membeli suatu kendaraan seperti mobil dan motor serta kendaraan lainnya.

Namun kalian harus hati hati mulai sekarang karena banyak beredar BPKB dan STNK palsu, seperti kendaraan hasil curian lalu dibuat surat palsu.

Pemalsuan STNK dan BPKB yakni dengan cara memalsukan nomor surat kendaraan juga sangat bervariatif, mulai dari penghapusan nomor kendaraan dimesin kendaraan dan sasis kendaraan lalu mencetak ulang dengan data asli mobil lain, kemudian dibuat STNK dan BPKB Palsu.

Bagaimana cara memastikan keaslian STNK dan BPKB kendaraan?

Cara Mengetahui palsu atau asli STNK dan BPKB kendaraan


Cara cek palsu atau asli STNK dan BPKB kendaraan


Berikut 9 tips cara mendeteksi dan mengetahui keaslian STNK dan BPKB kendaraan agar kalian tidak menjadi korban penipuan, yuk simak :

1. Cover atau sampul BPKB

Pertama, kalian bisa melihat dari cover atau sampul BPKB kendaraaan, kalian bisa melihat dari cover BPKB.

Jika asli, akan terliihat mengkilap sedangkan BPKB palsu covernya terlihat buram.

Mungkin kalian bisa meminjam BPKB teman atau kerabat kalian untuk membandingkan cover BPKB kendaraan masing masing jika kalian merasa ragu.

2. Hologram di STNK

Kedua, kalian bisa menerawang dari hologram STNK dihalaman paling depan atau yang pertama.
Hadapkan STNK di cahaya terang, jika asli hologram tersebut akan berubah warna menjadi abu abu saat diterawang.

Namun jika hologram berwarna lain seperti menjadi warna kuning dan lainnya dijamin STNK itu palsu.

3. Nomor Domisili STNK

Mungkin cara membedakan nomor domisili dibawah hologram STNK ini secara detail hanya ada dikorlantas saja, tapi kalian bisa melakukannya sendiri dengan cara datang kekorlantas langsung

4. Cek Data BPKB

BPKB palsu hanya sekedar mengubah data kendaraan saja, sedangkan data pemilik kendaraan tidak diubah karena jika dirubah akan ada bekas print ulang atau cetak ulang.

Kalian bisa mengecek data BPKB kendaraan, jika ada tumpukan kata atau seperti cetak ulang di data BPKB tersebut, maka dipastikan BPKB itu palsu

5. Buka halaman 14 BPKB

Buka halaman 14 BPKB, kali ini kalian hanya perlu sinyal ultraviolet, caranya kalian bisa terawang di sinar ultra violet jika dirasa logo korlantas terasa kasar, maka BPKB kalian asli, karena logo korlantas ada bagian timbul dengan kombinasi angka dan huruf.

Namun jika diraba terasa datar saja dan tidak ada timbulan atau sesuatu benjolan saat kalian raba, maka BPKB kalian palsu.

6. Lihat sisi STNK

Bagian ini sangat sulit untuk dipalsukan oleh para pelaku nakal, karena pada bagian sisi kertas STNK ada benang rajutan pengaman pada sisi kertas STNK, sedangkan dibagian sisi kanan ada lubang lubang kecil bertuliskan STNK.

Jika STNK kalian palsu ciri ciri rajukan dan tidak ada lubang kecil bertuliskan STNK maka surat kendaraan kalian bisa saja palsu.

Mungkin itu saja 6 cara memastikan keaslian surat kendaraan seperti STNK dan BPKB semoga kalian bisa lebih teliti sebelum membeli kendaraan.

7. Cara cek BPKB online

Sekarang kalian tidak usah repot repot untuk mengecek keaslian palsu atau tidaknya surat kendaraan, apalagi jika kalian setelah membeli kendaraan bekas lalu ingin berganti nama sendiri.

Sejak november 2017 layanan cek BPKB online sudah diresmikan oleh POLDA METRO JAYA dan dapat di akses melalui CEK BPKB ONLINE

Layanan cek surat kendaraan BPKB online tentu sangat memudahkan kita semua.

9.  Jika dirasa kalian ragu atau kurang paham kalian bisa langsung datang korlantas terdekat.

Mungkin itu beberapa tips cara mengetahui palsu atau tidak surat kendaraan.

Bagaimana "9 Cara mendeteksi palsu atau asli STNK dan BPKB kendaraan" apakah membantu?

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post