Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja serta fungsi dan kegunaan

-

Waktubaca.com – Pemerintah akan berencana mengeluarkan kartu Pra-Kerja kepada para pencari kerja, Pekerja bukan buruh aktif dan Korban Putus Hubungan Kerja (PHK).

Kartu Pra-Kerja merupakan sebuah visi dan misi pemerintahan Presiden Jokowi pada saat masa kampanye pencalonan menjadi calon presiden, Jokowi mengatakan dalam bentuk kartu Pra-kerja diharapkan menambah peningkatan kompetensi penerimaan kerja.

Pengertian Kartu Pra-Kerja 

Pra-Kerja adalah sebuah kartu yang digalangkan dalam rangka pelatihan dan pembinaan warga indonesia yang belum memiliki keterampilan dan dengan pelatihan ini maka akan menanggulangi kemiskinan.

Baca juga : 

Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja serta fungsi dan kegunaan
Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja serta fungsi dan kegunaan (foto: lipuran6.com)

Bagaimana cara mendapatkan kartu Pra-Kerja

Mungkin beberapa banyak kalian bingung bagaimana cara mendapatkan kartu pra-kerja yang jarang diketahui oleh masyrakat indonesia sendiri, maka kami bagi bagaimana cara mendapatkan kartu pra kerja, yuk simak

1. daftarkan diri diwebsite resmi kemenaker.go.id

Bagi yang ingin mendapatkan kartu Pra-Kerja maka harus mendaftarkan diri terlebih dahulu dengan mendaftarkan diri kalian di website resmi kemenaker.go.id

2. Proses Seleksi Online

Pemerintah akan melakukan seleksi untuk peserta yang sudah mendaftar dan akan diumumkan secara online diwebsite resmi Ketenagakerjaan (Kemnaker)

3.  Memilih Lembaga Pelatihan

Jika sudah mendaftarkan diri dan lulus proses seleksi online maka kalian wajib memilih lembaga pelatihan Vokasi melalui website atau aplikasi.
Vokasi adalah menyiapkan peserta didik menjadi anggota masyarakat yang memiliki kemampuan tenaga ahli profesional dalam menerapkan, mengembangkan, dan menyebarluaskan teknologi dan/atau kesenian serta mengupayakan penggunaannya untuk meningkatkan taraf kehidupan masyarakat.

4. Mengikuti Pelatihan

Peserta akan mengikuti pelatihan yang sesuai dengan pilihan mereka, baik secara langsung seperti tatap muka atau secara daring, Biaya pelatihan ini berkisar Rp 3juta hingga sampai Rp 7juta yang akan ditanggung oleh pemerintah.

5. Mengikuti Uji Kompetensi

Setelah kalian mendapatkan sertifikat kompetensi dapat mengikuti uji kompetensi, untuk biaya akan disubsidi oleh pemerintah dari program kartu Pra-Kerja hingga Rp 90 ribu.

6. Mendapat Insentif

Peserta akan mendapatkan uang insentif persiapan untuk melamar kerja sebesar Rp 500 ribu.

7. Penilaian dan Evaluasi

Peserta akan memberikan dan penilaian dan evaluasi saat proses pelatihan yang mereka ikuti.

8. Mengisi survei Kepekerjaan

Peserta harus mengisi survei kepekerjaan secara periodik untuk mendapatkan data apakah si peserta sudah mendapatak pekerjaan atau belum.
Jadi bagaimana kalian sudah mengerti tentang cara mendapatkan kartu Pra Kerja, semoga bermanfaat yaaa..
Lalu apakah fungsi dan kegunaan kartu Pra Kerja apakah benar kartu ini gaji untuk seorang pengangguran, tentu kalian tidak sebodoh itu bukan..
Berikut beberapa Kegunaan dan Fungsi kartu Pra Kerja

Fungsi dan Kegunaan Kartu Pra Kerja 

Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja serta fungsi dan kegunaan
Cara mendapatkan Kartu Pra Kerja serta fungsi dan kegunaan

1. Pelatihan keterampilan

Sebagai visi misi pemerintah untuk menanggulangi kemiskinan tentu pemerintah harus membuat sebuah gagasan bagaimana warga indonesia menjadi terampil dengan pelatihan itu lah, mengapa dibuat kartu Pra Kerja.
Untuk mendapatkan kartu Pra Kerja tentunya tidak mudah, kalian harus mengikuti beberapa pelatihan sesuai pilihan latihan yang kalian ikuti dan untuk lulus atau tidaknya akan diseleksi.

2. Mudah mendapatkan Pekerjaan

Dengan adanya kartu Pra Kerja kalian akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan sesuai dengan bidang pelatihan yang kalian ikuti apalagi jika sudah dapat sertifikat yang diakui oleh pemerintah dan negara. 

3. Kursus Pelatihan Kerja Gratis

Dengan mendaftarkan diri kalian dalam kartu Pra Kerja tentu menambah keterampilan dan pelatihan Gratis yang hampir semua dibiayai oleh pemerintah.

4. Proses Pembentukan Keahlian

Dengan adanya sistem kartu Pra Kerja kalian akan banyak dibekali ilmu dan keterampilan sebagai penunjang selama proses pembentukan keahlian diri sebelum terjun ke dunia kerja.

5. Penuh Percaya diri dengan kartu Pra Kerja

Setelah kalian lulus dan mendapatkan ilmu yang sudah kalian dapatkan dalam proses pelatihan ketenagakerjaan pasti akan merasa penuh percaya diri untuk mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan apa yang kalian mau, karena dengan pelatihan ini wawasan serta ilmu yang diberikan tentunya membuat kalian percaya diri dan yakin mendapatkan pekerjaan yang layak apalagi jika didukung dengan pemerintah.
waktubaca
Mahasiswi Jurusan Pariwisata di salah satu Universitas Indonesia. Suka jalan jalan dan Traveling. Sekarang menjadi penulis sekaligus pengurus di waktubaca.com

Share this article

Recent posts

Pantai Padang Bali Harga Tiket & Lokasi 2020

Pantai Padang yang berada di Bali di daerah Pecatu Kabupaten Badung akhir akhir ini menjadi banyak perbincangan para masyarakat indonesia terumata warga...

10 Cafe Hits di Jakarta Barat untuk Tempat nongrong 2020

Informasi gaul terbaru cafe hits di jakarta barat yang paling trend dikalangan instagramable

10 Foto Tempat Pemandian air panas di Bandung + Harga Tiket

Pemandian air panas di Bandung - Ada banyak cara asik yang bisa kamu lakukan untuk menikmati Kota Bandung. Mungkin kebanyakan dari kalian sering sekali berbelanja...

UPDATE + Harga Tiket Masuk Jatim Park 3 Terbaru 2020

Informasi terbaru harga tiket masuk Jatim Park 3 dan berbagai harga tike wahana

10 Tempat Pemandian Air Panas Jawa Barat + Harga Tiket 2020

Informasi tempat pemandian air panas di jawa barat yang buka selama 24 jam beserta harga tiket masuk.

Popular categories

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Recent comments