Breaking News

banner

Thursday, November 7, 2019

author photo
Apa kalian pernah naik pesawat apa yang pertama kali kalian pikirkan ?

Tentu bagaimana jika jatuh atau kecelakaan diatas pesawat, bukan hanya kalian saja jika punya pikiran seperti itu, orang yang sering menaiki pesawat juga sering berpikir seperti itu, namun karena sudah terbiasa pikiran itu akan hilang sendirinya.

Bahan bakar pesawat


Bahan bakar Avtur adalah singkatan dari Aviation Turbine Fuel (bahan bakar yang digunakan untuk pesawat yang menggunakan mesin turbine gas atau bahasa gaulnya mesin jet) dan Avgas adalah Aviation Gasoline ( bahan bakar pesawat terbang yang menggunakan mesin piston)

Lalu apakah kalian pernah perhatikan saat duduk dan menatap jendela ada cairan putih yang menyembur dari bagian belakang sayap pesawat,

Apakah pesawat ini bermasalah, Apakah kamu akan jatuh ?

Cairan tersebut adalah bahan bakar yang keluar dari bagian belakang pesawat adalah sebuah prosedur standar yakni  pembuangan bahan bakar, Namun alasan para pilot membuang bahan bakar yang tentu tidak murah itu lain lagi ceritanya..

Pada umunya bagi pilot membuang bahan bakar saat terbang itu sudah menjadi hal yang biasa terlebih pilot melakukannya dengan sengaja, memang terdengar pemborosan bahan bakar yang luar biasa. Namun kalian bisa simak ini :

Baca juga :
[Fakta] Secara Logika dan Agama Mengapa Pesawat Tidak bisa Melewati Ka'bah

Harga Bahan Bakar pesawat

Pesawat Boeing 737-300 berukuran sedang yang dirancang untuk penerbangan jarak dekat hingga sedang menghabiskan 2,5 TON bahan bakar Per Jam penerbangan, harga bahan bakar pesawat bermesin jet lebih dari  $600 perton. Lalu untuk menumpangi pesawat tersebut kalian membutuhkan $1500 per jam penerbangan.

Mekanisme Bahan Bakar Pesawat
ilustrasi Pesawat garuda indonesia (foto by garuda indonesia)


Lalu mengapa pesawat melakukan pembuangan bahan bakar ?

Pada kenyataannya pada situasi tertentu pilot melakukan pembuangan bahan bakar pada pesawat karena sebuah alternaif dan juga untuk keamanan, Sebuah pesawat harus berbobot lebih ringan saat ketika mendarat dibanding saat lepas landas, kira kira 100 ton lebih ringan, Masalahnya adalah saat mendarat jika tidak membuang bahan bakar pesawat akan lebih terbebani dan kemungkinan akan terjadi kecelakaan.

Lalu apa akibat lingkungan saat melakukan pembuangan bahan bakar pesawat ?

Kalian tidak perlu menggunakan payung saat bahan bakar pesawat menyembur kebawah, sebagian besar bahan bakar akan menguap di udara dan tidak mungkin akan jatuh ke tanah.


Mengapa bahan bakar disimpan disayap pesawat ?

Alasan pertama untuk membantu mengurangi tekanan pada pesawat saat lepas landas atau sedang naik, perlu diketahui pesawat menganggkut ratusan ton beban udara ini yang mengakibatkan tekanan kuat pada pesawat yang dapat mengakibatkan sayap bengkok ke atas, jadi untuk mengurangi tekanan ini sayap pesawat di isi dengan bahan bakar, sehingga membuat sayap pesawat menjadi lebih padat dan berat sehingga menekan resiko bengkok, dan juga agar untuk menyeimbangkan pesawat di udara.

Bagaimana penjelasan ini apakah bermanfaat ? Apakah kalian sekarang tahu mengapa bahan bakar bakar sering keluar dari sayap pesawat serta penjelasaannya..

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post