Breaking News

banner

Wednesday, October 9, 2019

author photo
Waktubaca - Ternyata dalam badan manusia tidak hanya ada organ tubuh saja dalam hal medis, secara spiritual atau dalam dunia gaib manusia mempunya 4 komponen yang tidak kasat mata seperti Ruh, Jiwa, Jasad dan Sukma

Pasti kalian juga sering mendengar Ruh, Jiwa, Jasad, Sukma ?

Apakah kalian tahu artinya Ruh, Jiwa, Jasad, Sukma menurut pengertian secara umum atau secara agama islam.

Mari kita jabarkan satu persatu arti dari Ruh, Jiwa, Jasad dan Sukma

Pengertian Ruh Jiwa Jasad dan Sukma dalam  agama islam



Pengertian Ruh Jiwa Jasad dan Sukma dalam  agama islam
ilustrasi ruh sukma jiwa jasad (foto:www.google.com)

















Manusia yang diciptakan oleh Tuhan yang Maha Esa memiliki 4 komponen yaitu Ruh atau sering kita sebut Roh, Jiwa, Jasad dan Sukma..

Pengertian Ruh atau Roh

Roh (bahasa Arab: روح‎, ruuh) adalah unsur non-materi yang ada dalam jasad yang diciptakan Tuhan sebagai penyebab adanya kehidupan.

Pandangan agama Islam apa itu Ruh atau Roh ?


Menurut agama Islam, manusia merupakan makhluk terakhir yang diciptakan Allah Ta'ala, setelah diciptakan-Nya makhluk lain seperti malaikat, jin, alam semesta, hewan (binatang), tumbuhan dan lainnya. Allah menciptakan manusia dengan dipersiapkan untuk menjadi makhluk yang paling sempurna. Karena, manusia diciptakan untuk menjadi khalifah (pemimpin) di muka bumi dan memakmurkannya.

Pada persiapan pertama, Allah mengambil perjanjian dan kesaksian dari calon manusia, yaitu ruh-ruh manusia yang berada di alam arwah. Allah mengambil sumpah kepada mereka sebagaimana disebutkan dalam Al-Qur’an di dalam surah Al A'raf, yang berbunyi

...dan (ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap ruh mereka (seraya berfirman): “Bukankah Aku ini Tuhanmu?” Mereka menjawab: “Betul, (Engkau Tuhan kami), kami menjadi saksi.” (Kami lakukan yang demikian itu) agar di hari kiamat kamu tidak mengatakan: “Sesungguhnya kami (Bani Adam) adalah orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan).” (Al A’raf: 172)
Dengan kesaksian dan perjanjian ini maka seluruh manusia lahir ke dunia dianggap sudah memiliki nilai, yaitu nilai fitrah beriman kepada Allah dan ajaran yang lurus.


Pengertian Jiwa 


Jiwa atau Jiva berasal dari bahasa Sanskerta yang artinya "benih kehidupan". Dalam berbagai agama dan filsafat, jiwa adalah bagian yang bukan jasmaniah (immaterial) dari seseorang. Biasanya jiwa dipercaya mencakup pikiran dan kepribadian dan sinonim dengan roh, akal, atau awak diri.

Pengertian Jiwa dalam agama islam


Disimpan di alam malakut, sebelum kemudian dimasukkan ke dalam jasad bayi dalam kandungan umur 90 hari. Nafsiyah ini adalah si Aku, yang diberi nama oleh orang tuanya. Dialah yang merasakan apa yang dialami oleh jasad. Dia yang merasakan senang dan sedih dsb. Ketika dia ingin istirahat, maka kita melihat jasadnya sedang tidur.


Pengertian Jasad


Jasad merupakan sebuah homonim karena arti-artinya memiliki ejaan dan pelafalan yang sama tetapi maknanya berbeda. 

Jasad memiliki arti dalam bidang ilmu kimia. Jasad memiliki arti dalam kelas nomina atau kata benda sehingga jasad dapat menyatakan nama dari seseorang, tempat, atau semua benda dan segala yang dibendakan.

Pengertian Jasad dalam agama islam 


Pengertian Jasad dalam agama islam adalah dibentuk oleh komponen yang berasal dari tanah. Ini adalah casing kita. Pengendalian jasad ada di jiwa. Saat kematian terjadi, jasad akan dipecah oleh jasad renik menjadi partikel yang sangat halus, energi. 

Energi ini dikendalikan oleh induk molekul. Di atas kuburannya, akan terlihat gulungan energi yang berputar mengelilingi induk molekul. Pusaran energi ini akan memadat pada saat hari kebangkitan, dan akan terbentuk lagi jasad yang sama persis ketika yang bersangkutan belum mengalami kematian. Bagian yang tidak mengalami kehancuran adalah tulang panggul.


Pengertian Sukma


Jika kalian pernah mendengar kata kata Sukma atau dalam bahasa jawa Sukmo tanpa sadar adalah diri kita sendiri.

Arti kata sukma menurut KBBI :

sukma [suk·ma] Kata Nomina (kata benda)
Arti: jiwa; nyawa

Makna arti sukma sendiri terlalu singkat yaitu artinya nyawa atau jiwa kita sendiri.

Sukma sendiri berasalah dari kata kata para penyair kontemporer untuk memanifestasikan keindahan aksara mereka.


Pengertian sukma dalam agama islam


Sukma ini terkandung informasi mengenai seluk beluk jasadnya, bentuknya, besarnya, laki-laki atau perempuan, penampilannya, mirip cetakan. Sukma ini penghubung antara jiwa dan jasad, seperti cara kerja sekering listrik. Sukma ini awalnya disimpan di suatu tempat di sekitar arasy dan dimasukkan ke dalam jasad bayi umur 90 hari bersamaan dengan jiwa. Saat kematian terjadi sukma akan dikembalikan ke tempat semula menunggu saat hari kebangkitan.

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post