Breaking News

banner

Friday, September 20, 2019

author photo
Pengertian Vegetarian dan Vegan

Vegetarian adalah pola makan dengan hanya mengkonsumsi dari tumbuh tumbuhan selain daging seperti sayur sayuran dan buah buahan tetapi masih memakan olahan daging.

Vegan adalah gaya hidup yang peduli dan mempraktikkan kehidupan tanpa segala bentuk eksploitasi hewan, baik itu penolakan untuk mengonsumsi hewan untuk makanan, pakaian, serta penolakan uji coba pada hewan.

Namun lebih spesifik dijelaskan mengapa seseorang ingin menjadi vegetarian dan vegan,

Vegetarian dan vegan ternyata mempunyai perbedaan, jika kalian ingin menjadi vegatarian ataupun vegan kalian harus tahu perbedaannya.

sumber gambar : www.google.com



Perbedaan vegetarian dan vegan sebagai berikut :

Vegetarian


Seseorang vegetarian yang tidak mengkonsumsi makanan daging yang berasal dari tubuh hewan, namun mereka tetap memakan seperti telur dadar,keju dan susu sapi. Dan mereka tidak mengkonsumsi seperti makanan daging steak,bakso ataupun sosis, Nah...itu baru disebut sebagai vegetarian.

Vegan


Lain hal dengan vegetarian, seseorang vegan tidak memakan daging sekalipun atau mengkonsumsi olahan dari daging diantaranya seperti susu, telur, keju dari susu sapi. Mereka yang vegan hanya mengkonsumsi makanan yang berasal dari tumbuh tumbuhan saja, seperti buah,sayur sayuran,biji bijian seperti padi dan kacang.

Bagi seseorang yang tidak menjalani hidup seperti vegetarian dan vegan tentu sangat heran, bagaimana bisa mereka tidak tergoda dengan makanan lezat seperti daging steak,pizza, dan makanan enak lainnya.

Seseorang memilih Vegetarian dan vegan itu bermacam macam alasan, yuk simak...

Alasan Seseorang menjadi Vegetarian

Alasan seseorang menjadi vegetarian tentu ingin menjaga kesehatan tubuhnya. Namun apakah menjadi orang vegetarian menjadi lebih sehat ? tentu tidak dibenarkan, semua tergantung dari pola makan dan kebutuhan seorang vegetarian. Selama kalian memenuhi makanan yang bergizi secara seimbang tentu kalian akan sehat dan jauh lebih sehat dibanding mereka yang tidak vegetarian.

Alasan Seseorang menjadi Vegan

Alasan seseorang ingin menjadi vegan tentu menjunjung tinggi hak asasi hewan, seseorang vegan  yang sama sekali tidak memakan daging ataupun olahan daging lainnya merasa, jika hewan mempunyai hak hidup seperti layaknya manusia. Maka dari itu seseorang vegan tidak sama sekali memakan daging serta olahan makanan daging lainnya.

Jika kalian sudah tahu perbedaan vegetarian dan vegan apakah kalian ingin seperti mereka ?

Baca juga :

Apa Manfaat seseorang menjadi Vegetarian dan Vegan

Manfaat seseorang menjadi Vegetarian

  • Disamping kita berhenti mengkonsumsi daging dan hanya mengkonsumsi sayur sayuran ternyata tubuh menjadi lebih sehat. 
  • Bagi kamu yang ingin diet, menurut penelitian selama 5 tahun ternyata seseorang yang melakukan program vegetarian mengalami kenaikan berat badan yang sangat sedikit.
  • Seseorang menjadi vegetarian adalah salah satu cara untuk menyehatkan kulit dengan mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan saja. Hal ini disebabkan karena sayur sayuran dan buah buahan mengandung mineral serta antioksidan yang mudah diserap kulit yang membuat kulit kita sehat dan memperlambat penuan kulit atau keriput.
  • Seseorang yang hidup menjadi vegetarian ternyata mempunyai banyak manfaat yaitu salah satunya mencegah berbagai jenis kanker yang menurut penelitian mengungkapkan bahwa menjadi vegetarian dapat mengurangi resiko kenker usus, perut,payudara, dan kanker ovarium.
  • Dari berbagai penelitian mengungkapkan jika seseorang vegetarian dengan mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan saja ternyata membuat pikiran kita lebih akan sehat, lebih tenang dan bahagia.
  • Kita semua tahu jika sayur sayuran mempunyai serat dan yang dapat melancarakan pencernaaan. Dengan hanya mengkonsumsi sayuran saja ternyata membuat lambung lebih sehat dan terhindar dari masalah sembelit dan penyakit serius lainnya.

Manfaat seseorang menjadi Vegan

  • Menurut penelitian karena vegan sama sekali tidak memakan daging ternyata mempunyai manfaat terhindar dari penyakit jantung dan kolesterol.
  • Jika seseorang ingin mengurangi berat badan, cobalah untuk menjadi seorang vegan, menurut penelitian bahwa jika seseorang melakukan program diet vegan maka akan terlihat jelas dan nyata ini adalah solusi terbaik untuk menurunkan berat badan.
  • Tidak jauh beda dengan manfaat vegetarian bahwa vegan juga bisa megurangi resiko terkena kanker.

Mungkin itu saja manfaat tubuh seseorang jika ingin melakukan hidup sehat ala vegetarian dan vegan. 

Namun apakah tidak ada resiko atau bahaya untuk melakukan program hidup sehat menjadi vegetarian dan vegan, tentu ada !

Berikut resiko dan bahaya atau dampak negatif jika seseorang melakukan program hidup sehat ala vegetarian dan vegan

Resiko dan bahaya seseorang vegetarian

  • Jika seseorang vegetarian ternyata dampaknya mengakibatkan seseorang kekurangan protein, jika sama sekali tidak mengkonsumsi telur dan daging. Maka tetap lah memasukan protein dalam makanan anda misalnya saja seperti tahu, tempe, dan kacang kacangan.
  • Jika hanya mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan saja ternyata bisa menyebabkan anemia. Anemia sendiri terjadi karena kekurangan vitamin B12 yang terdapat pada daging.
  • Jika kamu sedang hamil jangan mencoba untuk melakukan vegetarian karena akan dapat menggangu pertumbuhan janin.

Resiko dan bahaya seseorang vegan

  • Bahaya seorang vegen ialah kekurangan kalsium dan protein, resiko vegan sendiri mengakibatkan patah tulang karena kekurangan kalsium. Mungkin karena vegen sendiri tidak sama sekali memakan daging atau bahan olahan daging lainnya seperti stick daging, telur dadar ataupun keju yang terbuat dari susu.
  • Sedikit kemungkinan jika seorang vegan terkena penyakit jantung hal ini terkait dari bahan yang dimakan oleh kaum vegen sendiri seperti tepung terigu.
  • Tidak seimbangnya vitamin dalam tubuh, kalian pasti tahu jika seorang vegen sering mengkonsumsi sayur sayuran dan buah buahan yang kaya akan vitamin c, namun apakah baik jika tubuh lebih kaya akan vitamin c ? tentu tidak bukan.

Jadi jika kalian ingin memutuskan untuk melakukan menjadi seseorag vegetarian dan vegan maka terlebih dahulu cari tahu kekurangan atau kelebihan vegetarian dan vegan serta manfaatnya. Agar kalian terhindar dari bahaya dan resiko yang tidak di inginkan. Untuk menjadi seorang vegetarian dan vegan tentu tidak mudah karena tidak bisa makan sembarangan seperti omnivora lainnya.

Baca juga :
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post