Breaking News

banner

Thursday, September 26, 2019

author photo
Fungsi Mandi serta Manfaat Bagaimana jika kita kebanyakan mandi
ilustrasi mandi manfaat dan fungsi mandi (foto:www.google.com)


Pengertian Mandi..

Mandi merupakan mencuci tubuh dengan air dengan cara menyiramkan air ke badan atau merendam badan di dalam sungai, danau, telaga, laut, kolam, atau bak mandi. Manusia perlu mandi untuk menghilangkan bau, debu, kotoran, dan sel-sel kulit yang sudah mati.

Selama ini mandi dua kali sehari mungkin sering kita lakukan atau menjadi suatu kewajiban.
Apalagi untuk sebagian orang yang sering beraktifitas dan orang yang sering berkeringat banyak.

Namun, Apakah kita termasuk orang terlalu banyak mandi?

Ternyata tidak ada pernyataan resmi seberapa banyak kita mandi, tetapi masyrakat diseluruh dunia seperti India, Amerika serikat, Spanyol, Mexico mandi satu kali dalam sehari dengan ataupun tidak menggunakan sabun sudah menjadi budaya negara tersebut.

Lain hal dengan orang dewasa, 

Untuk anak usia dibawah 6 tahun dilansir dari American Academy of Dermatology menyarankan jika anak tidak kotor atau bau, maka mandi ideal dilakukan sekali sampai dua kali seminggu. Karena sistem imun mereka sedang berkembang dan membutuhkan bakteri dan virus untuk menguatkan imun.

Lalu bagaimana dengan orang dewasa ?

Ada suatu gagasan di mana penggunaan sabun, sebaiknya hanya pada tempat tertentu seperti ketiak, selangkangan dan di kaki Karena kulit bagian dada, punggung, lengan, dan tungkai kaki dapat bersih dengan sendirinya.

Manfaat Mandi

Lapisan teratas dari kulit kita terdiri dari sel dan minyak pelembab yang melindungi lapisan-lapisan di bawahnya. Setiap kita mandi dan menggosok kulit, lapisan ini akan terkikis dan semakin sering kita mandi maka kulit akan lebih lama memperbaiki lapisan atas, karena produksi minyak yang terlarut oleh sabun Akibatnya kulit akan terasa kasar kering dan mudah iritasi.

Selain itu Mandi dengan sabun juga dapat mengangkat bakteri baik yang berfungsi melindungi kulit kita dari infeksi lama-kelamaan kulit pecah-pecah dan membuatnya semakin rentan terhadap infeksi dan kotoran.

Jadi sebaiknya seberapa sering kita mandi?

Nah, kebetulan mandi setiap orang tergantung oleh faktor yang berbeda-beda Iklim merupakan faktor yang signifikan untuk menentukan seberapa sering kita harus mandi.

Bagi orang yang tinggal di iklim kering dan dingin

Untuk orang yang tinggal di iklim kering dan dingin Sebaiknya tidak memakai sabun terlalu banyak untuk menghindari kulit kering dan kasar.

Bagi orang yang tinggal di lingkungan lembab seperti kebanyakan daerah di Indonesia mandi setiap hari disarankan karena pertumbuhan bakteri yang relatif cepat dan dapat menyebabkan jerawat

Gaya hidup juga mempengaruhi kebutuhan mandi kita,

Jika seseorang aktif bergerak dalam kesehariannya maka disarankan mandi lebih sering untuk menghindari munculnya bau badan.

Setidaknya sekali sampai dua kali sehari Keseringan mandi juga tergantung pada tipe kulit seseorang

Pada tipe kulit yang berminyak atau mempunyai masalah jerawat Disarankan untuk mandi setiap hari untuk mencegah menempelnya kotoran pada kulit

Untuk kulit kering atau kulit yang bermasalah Disarankan untuk mandi lebih jarang dan memakai sabun khusus kulit sensitif untuk menghindari kering dan masalah yang lebih parah

Dari sini apakah kalian sudah tahu jumlah dan cara mandi yang baik bagi diri kalian?

your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post