Breaking News

banner

Thursday, September 5, 2019

author photo





Waktubaca, Banyak hal yang menyebabkan anak anak terkena pilek dan batuk mungkin karena tempat atau lingkungan yang kumuh, pola hidup yang tidak sehat, dan juga bisa jadi kekebalan anak yang terganggu dan sering kali terkena pilek dan batuk pada anak.


Setiap orang tua pasti cemas ketika anak mengalami pilek dan batuk disertai nafsu makan yang menurun, badan anak terasa demam, sakitnya tenggorokan, mata merah dan pasti anak sering kali menangis.


Sebelum memberikan obat dengan resep dokter karena batuk dan pilek, alangkah lebih baik mengobati dulu dengan cara yang alami. Untuk sakit batuk pada anak, dengan meningkatnya daya tahan tubuh pada anak maka dengan sendirinya batuk anak tersebut akan sembuh dengan sendirinya. Dengan cara, berikan istirahat yang cukup serta konsumsi makanan yang bergizi seperti buah dan sayur sayuran.


Untuk mengobati pilek secara alami, cobalah dengan metode uap panas untuk meringankan hidung yang tersumbat dan gatalnya tenggorokan.


Nah, jika cara diatas kurang mampu mengatasi batuk dan pilek anak.

Berikut cara alami untuk mengobati pilek dan batuk pada anak dengan bahan sederhana yang ada dirumah,

1. Air garam


Berkumur dengan air garam caranya ialah campurkan air garam dan air hangat, lalu ajarkan anak untuk berkumur dengan air garam hangat tadi. cara alami ini bisa membantu mengobati batuk pilek pada anak.

2. Susu dan Kunyit


Susu dicampur dengan kunyit bisa mengobati tenggorokan yang kering, hidung yang meler dan sakit tenggorokan akibat batuk berdahak. Ternyata kunyit memiliki kandungan yang mengobati infeksi virus.

Cara membuat susu dan kunyit batuk pilek pada anak

  • Siapkan segelas susu hangat
  • Tambahkan sendok teh bubuk kunyit,aduk dengan rata
  • Minumkan pada anak saat malam menjelang akan tidur


3. Madu


Madu adalah obat batuk dan pilek anak yang alami, kandungan mikroba pada madu mampu melawan virus penyebab flu pada anak. Rasa manis pada madu mampu mengencerkan lendir pada tenggorokan agar mudah keluar.

Orang tua juga bisa mencampuri madu dengan jeruk buah lemon serta jahe hangat.

Ingat untuk madu tidak dianjurkan untuk Bayi yang usianya dibawah 1 tahun.

Baca Juga :

4. Lemon


Dengan kayanya vitamin c ternyata lemon juga mampu meningkatkan kekebalan tubuh pada anak atasi radikal bebas. jika anak suka dengan buah lemon maka anda bisa berikan pada anak dengan cara dihisap atau diperas.


5. Air putih


Air putih ternyata obat alami untuk menyembuhkan batuk dan pilek pada anak yang terkadang orang tua tidak tahu. Ketika terserang penyakit batuk dan pilek pada anak dan orang dewasa sekalipun tanpa sadar cairan dalam tubuhpun berkurang dan mengalami dehidrasi.

Padahal, jika orang dewasa dan anak sekalipun terserang batuk dan pilek haruslah tetap mengkonsumsi air putih agar mempercepat pemulihan.


6. Bawang putih


Bawang putih ternyata cara ampuh mengobati pilek dan batuk pada anak, mungkin anak anak tidak suka dengan bawang putih ini karena aroma atau bau yang sangat menyengat.

Namun kalian bisa mencampur bawang putih dengan madu, dan kalian bisa dengan cara membakar bawang putih tersebut lalu ambil minyak nya dan gunakan untuk memijat pada bagian leher anak tersebut.


7. Sup Ayam


Ternyata sup ayam yang enak bisa mengobati pilek dan batuk pada anak dan orang dewasa sekalipun. Karena sup terbuat dari rempah rempah yang berperan mengusir penyakit pada tubuh.

Cara mengobati batuk dan pilek pada anak dan orang dewasa sekalipun dengan secara alami, yaitu dengan cara mendiamkan terlebih dahulu, jika kekebalan tubuh pada anak dan orang dewasa sudah meningkat maka dengan sendirinya batuk dan pilek pada anak bisa sembuh secara alami.

Baca Juga :
your advertise here

This post have 0 komentar

Next article Next Post
Previous article Previous Post